Omzet Ratusan Juta Jualan Kurma Cokelat

Omzet Ratusan Juta Jualan Kurma Cokelat

Sajian kurma menjadi camilan wajib di bulan puasa namun jika Anda ingin menikmati kurma secara berbeda, kurcok atau kurma cokelat bisa menjadi pilihan.

Widya Pujiastuti, sejak Februari 2016 mendirikan usaha Lezato Kurcok, ia melihat peluang belum banyak yang berwirausaha kurma cokelat.
    
“Awalnya, menjelang Lebaran itu pasti yang menjadi favorit kue kering dan kurma. Dulu, masih jarang produsen kurma cokelat di pasaran. Ternyata peminatnya cukup banyak, jadi aku coba produksi dan langsung booming. Akhirnya berjalan sampai sekarang,” kata Widya.
    
Mendirikan usaha berbahan kurma dan cokelat memang tidak mudah, Widya harus melewati trial and error sampai mendapat formula yang tepat.
    
“Saya riset dulu karena kurma banyak jenisnya, sempat coba beberapa dan ada yang kurang cocok kalau dicampur cokelat. Cokelatnya pun saya coba berbagai jenis. Lalu kasih tester ke tetangga-tetangga. Penilaian serta kritik mereka saya tampung dan saya perbaiki lagi,” ungkap wanita 30 tahun ini.

Awal mengerjakan usaha ini, bisa dikatakan Widya hampir tanpa modal. Ia hanya membeli satu kilogram kurma dan cokelat, setelah jadi, ia foto dan membuka sistem pre-order (PO) ke agen serta reseller yakni, pembeli membayar lebih dulu, baru kemudian diproduksi sekitar tiga sampai enam hari.
    
Widya kemudian menjualnya melalui Facebook. Tak disangka, respons teman-temannya sangat bagus. Berkat keuletannya, saat ini ia telah memiliki 65 distributor di seluruh Indonesia.

Setelah dua tahun produksi dan perpuatran keuangannya cukup stabil, Widya mengatur strategi pejualan dengan endorsement ke selebgram atau influencer. Tak selalu mulus, selama menjalani usaha ini, ia sempat mengalami kendala.
    
“Misalnya toples pecah saat pengiriman ke luar kota, tapi sekarang sudah bisa teratasi,” ungkap wanita lulusan Ilmu Komunikasi ini.
    
Setiap bulannya, Widya bisa mendapat omzet 200-300 juta rupiah dan penjualannya bisa meningkat hingga lima kali lipat menjelang Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri. Tak hanya itu, produknya juga sudah dibeli sampai ke luar negeri, seperti Taiwan, Malaysia dan Singapura. Lezato Kurcok sudah mendapat sertifikat halal dari LPPOM MUI dan DinKes P-IRT. (EV)

---
Foto: @lezatokurcok

bisnis ramadan, ramadan, kurma, cokelat

Artikel Terkait

Comments