4 Makanan Sehat Pengganti Nasi Selama Puasa

4 Makanan Sehat Pengganti Nasi Selama Puasa

Memasuki bulan Ramadan, kita pasti ingin memastikan tubuh selalu dalam kondisi sehat dan fit agar dapat menjalani ibadah puasa dengan lancar. Waktu makan yang berubah membuat perut  cepat terasa sebah bila mendadak diisi dengan makanan tinggi karbohidrat seperti nasi. Kini ada beberapa asupan pengganti nasi yang banyak tersedia di pasaran. Bagi Anda yang susah berpisah dengan nasi, coba saja dahulu, rasanya juga lezat sekaligus mengenyangkan perut.  

Berikut  4 makanan sehat pengganti nasi selama bulan Ramadan agar  sehat dan ibadah lancar:

Quinoa

Quinoa (chenopodium quinoa) adalah spesies tanaman dari genus goosefoot yang berasal dari pegunungan Andes, Peru. Tanaman ini biji-bijiannya bisa dimakan dan dikonsumsi sebagai pengganti makanan pokok seperti kentang, roti dan  nasi. Quinoa kaya akan protein, serat, lemak sehat, vitamin dan mineral. Ditambah lagi quinoa dianggap sebagai protein komplit karena mengandung semua asam amino esensial yang diperlukan tubuh. Kandungan ini menjadikan quinoa makanan yang sangat pas untuk para vegetarian yang mengurangi konsumsi daging. Anda bisa menyantap quinoa dengan beragam menu lain misalnya dengan tumisan jamur atau bisa juga diolah sebagai salad.

Roti gandum utuh

Bosan makan nasi dan mi? Gantilah menu makanan utama saat berbuka atau sahur dengan roti gandum. Tiga hingga empat lembar roti gandum ukuran sedang, bisa Anda konsumsi untuk menggantikan 1-1,5 centong nasi putih.
Roti dari gandum utuh tentu memiliki kandungan serat yang super tinggi sehingga menjamin puasa Anda jadi kenyang seharian. Menu roti gandum tak harus membosankan, Anda bisa mengolahnya menjadi sandwich dengan beragam isian seperti, tuna dengan keju cheddar dan egg salad.

Kentang

Kandungan serat pada kentang lebih tinggi dari nasi putih, hal inilah yang menyebabkan kentang menjadi pilihan yang tepat untuk puasa. Untuk memenuhi kebutuhan dan kandungan gizi yang setara dengan 1 centong nasi, Anda bisa mengonsumsi 1-2 buah kentang ukuran besar. Pastikan Anda tetap menyajikan kentang dengan makanan berprotein hewani, nabati, dan sayuran. Coba menu lezat seperti kentang panggang dengan topping keju dan daging asap.

Jagung

Jagung memang sudah dikenal sebagai salah satu bahan pangan pengganti nasi yang kaya akan kandungan karbohidrat serta memberikan efek mengenyangkan. Rasanya yang manis dan teksturnya yang renyah membuatnya digemari banyak orang. Jagung dapat dikonsumsi secara langsung setelah direbus atau dengan tambahan susu kental manis dan keju. (RV)

---
Foto:
Istimewa

makanan sehat, healthy food, pengganti nasi, ramadan, puasa

Artikel Terkait

Comments