Marissa Haryati, Raup Ratusan Juta Berjualan Minie Craft

Marissa Haryati, Raup Ratusan Juta Berjualan Minie Craft

Awal mula membangun usaha memang tak selalu berjalan mulus, hal inilah yang dirasakan Marissa Haryati. Sempat diremehkan menjual produk Minie Craft nyatanya membuat dirinya mendulang omzet hingga ratusan juta rupiah.

Memutuskan menjadi mompreneur memang sudah terpikir oleh Marissa. Alasannya ingin mencari pendapatan sendiri dari rumah sehingga bisa sambil mengurus anak. Di tahun 2013, perempuan asal Kota Bandung ini mulai berkreasi membuat tempelan kulkas dan anting-anting berbentuk miniatur produk-produk kemasan.

Dirinya mengaku terinspirasi dari miniatur yang banyak dijual di luar negeri tapi saat itu belum terlalu booming di Indonesia. Kini produk kreasi yang dijual, mulai dari tempelan kulkas, anting, bantal, bros, hingga gantungan kunci. Harga tiap produknya juga sangat terjangkau, mulai dari delapan hingga 55 ribu rupiah.  

“Saya melihat produk miniatur sudah banyak di Jepang dan Thailand, saya mencoba membuat sendiri dari kertas art paper dan printer seadanya. Dimulai dari yang mudah dulu seperti packaging makanan dari dus dan plastik, baru mencoba yang lebih sulit seperti botol minuman dan kecap yang saya coba buat dari bahan resin,” jelasnya.

Pertama kali bangun usaha Minie Craft, Marissa mengaku mengeluarkan modal kurang dari 5 juta rupiah. Peralatan untuk produksi mulai dari printer, mesin laminasi, art paper dan lainnya. Awal membangun usaha, Icha dibantu suami yang semuanya dikerjakan sendiri dan belajar secara otodidak.

Untuk pemasaran produknya, Icha mengaku menjual ke teman-teman dekat dan beberapa kali ikut pameran. “Awal 2013 saya membuka booth di Paris Van Java, Bandung dengan nama Minie Craft , 2016 lalu buka booth kedua di Cihampelas Walk Bandung dengan nama Ini Kreasi, 2018 buka di The Park Mall Solo, lalu booth keempat di Paskal 23 di akhir Mei,” kata wanita lulusan D3 Sekertaris ini.

Tidak hanya menjual secara offline namun produknya juga dijual melalui online di Instagram bernama, @minie.craft dan @ini.kreasi. Usaha yang sudah dibangun tujuh tahun hingga sebesar ini memang penuh rintangan, belum lagi pernah ada yang menganggap apa yang ia buat hanya akan jadi sampah, tapi sekarang omongan itu ia buktikan dengan nilai omzet yang fantastis.

“Semua omongan yang mematahkan semangat banyak sekali, tapi saya belajar untuk tidak mendengar omongan orang lain dan mengikuti kata hati saya. Kini saya bisa produksi 40 ribu sebulan dengan omzet  mencapai 200-250 juta perbulan,” pungkasnya. (Ev)

Foto: @marissa_haryati & @minie.craft

Marissa Haryati,Minie Craft,Mompreneur,Ibu Pengusaha,Ini Kreasi,Usaha Bandung

Artikel Terkait

Comments