Kebaya sebagai Identitas Wanita Indonesia

Kebaya sebagai Identitas Wanita Indonesia – Kebaya merupakan salah satu pakaian yang terkenal sebagai pakaian tradisional dan adat budaya. Saat ini pemakaian kebaya masih tetap eksis dikalangan milenial. Kebaya saat ini tidak hanya berbentuk kain panjang dengan baju atasan bermotif bunga atau brukat.

Tetapi, saat ini kebaya sudah menjadi beraneka ragam model dan warnanya. Perubahan kebaya ini tentu saja berbeda dengan kebaya yang dikenakan oleh wanita indonesia pada jaman dahulu. Mengingat perkembangan zaman yang semakin lama semakin bertumbuh dan berkembang pesat yang berhasil mengubab kebaya bukan hanya pakaian tradisional saat ini tetapi juga pakaian yang modern dan kekinian oleh industri fashion dan pakaian. Tak banyak industri fashion dan pakaian kini menjadikan kebaya menjadi pakaian yang modern dan salah satu syle fashion yang identik dengan wanita indonesia. Dalam acara tertentu banyak wanita wanita masih tetap tampil cantik dan anggun dengan mengenakan kebayanya.

Alasan Kebaya masih Eksistensi

Ada beberapa hal alasan mengapa kebaya masih banyak dipergunakan oleh wanita indonesia baik tua maupun muda yaitu diantaranya adalah sebagai berikut.

1 Tak lekang oleh waktu
Pemakaian kebaya ini berhasil membuat fashion menjadi tampil lebih anggun dan cantik saat dikenakan. Trend kebaya masa kini juga berbeda dengan jenis kebaya masa lalu. Saat ini tampilan kebaya modern sudah banyak pilihan warna dan modelnya berbeda dengan jaman dulu yang hanya mengandalkan motif batik dan renda saja. Saat ini kebaya sudah banyak memiliki warna pastel yang kekinian seperti contohnya salem, tosca dan lain lain. Dengan penggunaan kebaya ini wanita indonesia yang mengenakannya akan tampil elegan meskipun sederhana tetapi masih memiliki nilai dan unsur budaya di dalamnya. Dengan kebaya ini dapat terlihat postur tubuh yang lebih ramping sesuai dengan modelnya.

2 Dapat dipadukan
Selain itu, dengan mengenakan kebaya juga dapat dan mudah dipadukan dengan pakaian jenis apapun. Kebaya yang memiliki berbagai macam model dan warna nya baik warna pastel maupun warna biasa akan mudah dipadukan dengan jenis bawahan rok kain batik, celana, maupun kain biasa. Saat ini kebaya sudah banyak dimodifikasi sehingga terlihat lebih simple namun tetap elegan dan cantik. Anda juga dapat memadukannya dengan berbagai perlengkapan lainnya seperti sandal selop, high heels maupun aksesoris lainnya. Selain itu, saat ini pemakaian kebaya juga sudah banyak yang dapat menggunakan hijab untuk yang berhijab dan dapat juga disanggul rambut agar lebih anggun.

Kebaya sebagai Identitas Wanita Indonesia 2

3 Melestarikan Budaya Indonesia
Hal yang terpenting adalah pemakaian baju kebaya ini bukan semata mata karna trend fashion atau model dan warnanya yang bagus. Tetapi pemakaian kebaya ini dibarengi dengan upaya untuk melestarikan budaya indonesia agar tidak punah. Pemakaian kebaya ini pada jaman dahulu biasa dijadikan pakaian sehari hari oleh para wanita suku jawa, sunda, bali dan lainnya tetapi untuk saat ini pakaian sehari hari sudah jarang menggunakan kebaya. Tetapi, pemakaian kebaya ini dipakaikan saat ada acara tertentu seperti pernikahan, wisuda, acara formal, menari dan lainnya.

4 Tampil Cantik dan Anggun
Kebaya juga merupakan suatu kebaya yang digunakan oleh para wanita indonesia untuk menambah kesan cantik dan anggun. Konsep cantik dan anggun serta mewah dan elegan akan terpancar meskipun sudah dibalut dengan kebaya yang modern dan kekinian. Karena industri fashion dan pakaian akan terus berkembang dan memproduksi kebaya karena pemakaian kebaya takan tergerus jaman dan masih banyak peminatnya hingga saat ini.

Shopping cart

close