Mengenal Sosok Gusti Nurul Wanita Indonesia

Mengenal Sosok Gusti Nurul Wanita Indonesia – Gusti Raden Ayu Siti Noeroel Kamaril Ngasarati Kusumawardhani atau yang akrab disapa dengan sebutan gusti nurul ini merupakan salah satu tokoh pahlawan wanita indonesia yang lahir pada tanggal 17 September 1921. Gusti nurul merupakan putri tunggal dari pasangan kanjeng gusti pangeran adipati aryo mangkunegoro VII ayah dan ibunya Gusti Kanjeng Ratu Timoer yang merupakan salah satu putri dari Sultan Hamengku Buwono VII. Gusti nurul merupakan wanita yang memiliki paras dan wajah yang cantik. Kecantikannya tersebutlah yang menjadikan gusti nurul menjadi dambaan para lelaki pada saat itu yang ingin mencoba meminang gustri nurul menjadi istrinya. Mantan menteri perdana Sutan Sjahrir yang biasa mengirimkan kado atau hadiah untuk gustri nurul melalui sekretarisnya.

Kemudian salah seorang prajurit milter yang bernama Kolonel GPH Djatikusumo yang mendambakan gusti nurul. Selain itu, yang tak kalah menarik ialah Mantan Presiden Pertama Republik Indonesia yaitu Ir Soekarno yang juga mendambakan gusti nurul mencoba untuk menjadikan gusti nurul sebagai istrinya. Dan salah satu tokoh yaitu Sri Sultan Hamengku Buwono IX yang juga mencoba untuk merebut hati gusti nurul pada saat itu. Tetapi, diantara banyaknya laki laki yang juga tokoh terkenal tersebut tidak ada yang berhasil mendapatkan hati gusti nurul. Gadis keturunan bangsawan nan cantik itu pada akhirnya menerima pinangan dari salah seorang militer yang berpangkat letnan kolonel yang bernama RM Soerjo Soejarso. Hal tersebut yang diketahui oleh para laki laki yang telah mendambakannya pada saat itu mengalami patah hati mengetahui gustri nurul menerima pinangan dari laki laki yang telah dipilihnya. Presiden Ir Soekarno pada saat itu pernah mengundang gusti nurul untuk makan bersama di Istana yang berada di cipanas. Selain itu, rasa cinta Ir soekarno pada gusti nurul ia juga meminta Basuki Abdullah untuk melukiskan wajah gusti nurul dan dipajang dikamar kerja soekarno di istana cipanas pada saat itu.

Selain, terkenal karena kecantikannya. Gusti nurul juga dikenal sebagai wanita yang cerdas. Ia sangat piawai dalam membawakan tari tarian. Pada saat usia nya 15 tahun gusti nurul diminta untuk datang secara khusus untuk menari di hadapan Ratu Wilhelmina di Belanda. Banyak alasan mengapa gusti nurul menolak cinta para tokoh yang mendambakannya tersebut. Gusti nurul merupakan salah seorang wanita yang memiliki prinsip yang kuat dan pendirian yang teguh yaitu tidak ingin dimadu atau dipoligami dan tidak ingin menjadi istri dari pasangan yang terjun kedalam dunia politik. Meskipun, gusti nurul merupakan gadis berdarah biru ataupun bangsawan tetapi gusti nurul tetap rendah hati. Ia meninggalkan segalanya dan keluar dari istana untuk mengikuti suami yang bertugas. Gusti nurul juga beranggapan bahwa perempuan harus aktif dan bersosialisasi dalam kegiatan. Perempuan harus maju dan berkembang tidak melulu mengurusi urusan dapur saja.

Mengenal Sosok Gusti Nurul Wanita Indonesia

Kematian Gusti Nurul

Gusti nurul menghembuskan nafas terakhir nya pada tanggal 10 November 2015 tepat pada pukul 08.00 WIB di rumah sakit Borromeus di bandung yang sebelumnya dirawat selama 2 minggu. Gusti nurul meninggal pada saat usianya 94 Tahun dikarenakan sakit diabetes yang dideritanya. Gusti nurul memiliki 7 orang anak hasil pernikahannya dengan RM Soerjo Soejarso yaitu yang bernama Sularso Basarah, Parimita Wiyarti, Aji Pamoso, Heruma Wiyarti, Rasika Wiyarti, Wimaya wiyarti, dan Bambang Atas Aji. Nama terakhir merupakan anak angkat Gusti Nurul. Selain itu, gusti nurul juga sudah memiliki sekitar 14 orang cucu.

Shopping cart

close