Problematika Wanita Indonesia antara Karir dan Ibu Rumah Tangga

Problematika Wanita Indonesia antara Karir dan Ibu Rumah Tangga – Menjadi wanita merupakan suatu hal yang sangat istimewa. Seorang wanita yang sudah menikah dan memiliki anak biasanya akan dihadapkan dan dipertimbangkan oleh dua pilihan yaitu antara memilih menjadi wanita karir ataupun memilih menjadi wanita ibu rumah tangga yang hanya mengurus rumah, suami dan anak sepenuhnya. Dari kedua pilihan tersebut banyak sekali menimbulkan kontroversi dan pro kontra. Bagi orang yang memandangnya kedua pilihan tersebut pasti akan memiliki plus minus dan dampaknya masing masing. Tetapi, menjadi wanita apalagi seorang ibu merupakan tugas yang cukup berat.

Terlebih jika memang sambil bekerja. Seringkali wanita yang memilih karir akan tersita waktunya untuk pekerjaan dibandingkan untuk keluarga sebaliknya wanita yang memilih untuk menjadi ibu rumah tangga sepenuhnya akan lebih banyak waktu untuk keluarganya tetapi tidak menghasilkan uang. Perdebatan tersebut sampai kini masih banyak diperbincangkan oleh orang lain. Untuk itu mari simak perbedaan, plus minus dan dampak dari kedua pilihan tersebut.

Kelebihan dan Kekurangan Antara Ibu rumah tangga atau wanita karir

Kelebihan Menjadi Ibu rumah tangga

1 Akan lebih banyak waktu dirumah bersama keluarga
2 Lebih memperhatikan tumbuh kembang anak
3 Dapat melayani suami sepenuhnya
4 Keluarga, rumah, anak, suami dapat terurus dengan baik

Kekurangan Menjadi Ibu rumah tangga

1 Tidak Memiliki Gaji Tetap
2 Kurang Diakui
3 Sering merasa bosan dan Jenuh

Kelebihan Menjadi Wanita Karir

1 Memiliki Gaji Tetap
2 Memperluas Relasi dengan orang sekitar
3 Tidak mudah bosan
4 Menambah Wawasan seputar dunia kerja

Kekurangan Menjadi Wanita karir

1 Tidak dapat memantau perkembangan anak
2 Tidak dapat menemani keseharian dan aktivitas anak
3 Kurangnya waktu bersama keluarga

Peran Wanita Karir dan Ibu rumah tangga

Meskipun setiap wanita memiliki pilihan yang berbeda beda antara menjadi wanita karir ataupun menjadi ibu rumah tangga. Namun, wanita yang memilih menjadi wanita karir atau ibu rumah tangga memiliki peran yang sama. Adapun beberapa peran wanita yang sudah menjadi ibu atau sudah menikah adalah sebagai berikut.

1 Ibu sebagai jantung rumah
Perempuan yang memiliki peran sebagai ibu baik itu wanita karir maupun ibu rumah tangga akan memiliki peran yang sama yaitu sebagai jantung rumah. Sedangkan, laki laki atau sosok ayah memiliki peran sebagai kepala didalam rumah.

2 Sebagai pendamping dan guru bagi anak
Seorang ibu baik itu yang memiliki karir atau tidak memiliki peran dan tanggung jawab untuk mendidik anak anaknya. Bagi ibu yang berkarir sesibuk apapun pekerjaan tetap harus memperhatikan tumbuh kembang anak. Banyak sekali ibu yang merasa tidak dapat mendidik atau mengajari anak nya ketika berada di jenjang sekolah yang semakin lama semakin tinggi. Untuk itu para ibu bisa memberikan alternatif lain untuk memberikan bimbingan belajar ditempat lain atau bisa juga mendampingi anak ketika belajar bahkan hanya sekedar memberikan semangat dan pujian pada anak.

3 Sebagai Multiperan dan Multitalent
Seorang ibu baik pekerja maupun tidak biasanya memiliki sikap dan sifat yang multiperan dan multitalent dalam artian ibu bisa melakukan apapun sesuai dengan kondisi dan keadaan. Seorang ibu dapat melaksanakan tugas nya secara bersamaan seperti menyapu sambil menjaga anak dan lain lain. Seorang ibu memiliki tugas untuk menjaga dan merawat anak, rumah dan suaminya. Biasanya ketika anak sakit ibu akan memiliki peran sebagai dokter dimana seorang ibu akan berusaha untuk mengobati anaknya sebisa mungkin, seorang ibu juga akan menjadi chef untuk menghidangkan makanan untuk keluarganya.

Shopping cart

close